Menuju Akreditasi Unggul, STIKes RS. Dustira ikuti Seminar Nasional dan Klinik Akreditasi Tahun 2023

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STIKes RS. Dustira mengikuti seminar nasional dan klinik akreditasi yang diselenggarakan oleh Perkumpulan LAM-PTKEs pada 18-19 Oktober 2023 di RA Suite Simatupang Hotel.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D selaku Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kemendikbudristek dan dihadiri oleh berbagai institusi kesehatan yang berada di bawah naungan LAM PTKes.

Sebagai lembaga penjamin mutu eksternal dari para penyelenggara pendidikan bidang kesehatan tingkat program studi, LAM-PTKes berupaya secara berkesinambungan menjaga agar hasil akreditasi pada suatu program studi bidang kesehatan sesuai dengan mutu yang dicapai oleh program studi dan dapat ditingkatkan ke peringkat lebih tinggi. Beberapa upaya dilaksanakan melalui peningkatan kompetensi para penilai, kehandalan sistem akreditasi serta peningkatan kesadaran para pengelola program studi akan pentingnya kompetensi dalam meningkatkan mutu pendidikan yang baik.

Kegiatan ini berupaya untuk membantu program studi mengenali kelemahan dan kekuatan masing-masing untuk dijadikan landasan kegiatan untuk meningkatkan diri telah menjadi salah satu fungsi pendorong LAM-PTKes untuk menjalankan fungsi utamanya yaitu akreditasi. Berdasarkan situasi di atas, LAM-PTKes termotivasi untuk melaksanakan seminar dan workshop tentang mutu pendidikan tinggi kesehatan dan relevansinya dengan mutu akreditasi.

Selain seminar, STIKes RS Dustira juga mengikuti klinik akreditasi yang bertujuan meningkatkan pemahaman tentang instrumen akreditasi Program Studi yang kini dengan 9 kriteria. Rangkaian klinik akreditasi ini diperuntukkan terutama bagi:

1) Program studi yang akan habis masa akreditasinya;
2) Program studi yang ingin meningkatkan peringkat akreditasi;
3) Program studi yang sudah melakukan registrasi akreditasi namun belum mengunggah dokumen akreditasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *